Senin, 09 April 2012

Microcontroller


Apakah Microcontroller itu?

            Jka kita bicara tentang Microcontroller, maka tidak akan lepas dari definisi computer itu sendiri. Mengapa? Sebab, ada beberapa kesamaan antara Microcontroller dengan Computer atau Microcomputer.
A.    Kesamaan Microcontroller dengan Microcomputer
Beberapa kesamaannya yaitu:
1.      Sama-sama memiliki unit pengolah pusat atau yg lebih di kenal sebagai CPU ( Central Processor Unit ).
2.      CPU tersebut biasanya menjalankan program dari suatu lokasi atau tempat, biasanya dari ROM (Read Only Memory) atau RAM (Random Acces Memory).
3.      Sama-sama memiliki RAM yg di gunakan sebagai menyimpan data-data sementara. 
4.      Sama-sama memiliki beberapa keluaran dan masukan yg di gunakan untuk melakukan komunikasi timbal balik dengan dunia luar.

B.     Perbedaan Microcontroller dengan Microcomputer
Beberapa perbedaannya yaitu:
1.      CPU pada Microcomputer berada eksternal dalam suatu sistem, sedangkan Microcontroller berada internal dalam sebuah chip.
2.      CPU pada Microcomputer menjalankan program dalam ROM pada saat awal di hidupkan menjalankan program yang tersimpan dalam ROM internalnya ( bisa berupa Mask Rom atau Flash Eeprom).
3.      Ram pada Microcomputer bisa mencapai ukuran sekian MByite dan bisa di upgrade ke ukuran yang lebih besar dan berlokasi di luar chip CPU-nya. Sedangkan RAM pada Microcontroller yang bersangkutan dan ukuranya sangat minim misalnya 128 byte, 256 byte, dan seterusnya.
4.      Keluaran dan masukan pada Microcomputer jauh lebih kompleks di bandingkan dengan Microcontroller, yang jauh lebih sederhana.
5.      Jka di amati, Microcomputer merupakan computer serbaguna yang bisa di manfaatkan untuk berbagai macam aplikasi, sedangkan Microcontroller adalah computer  untuk tujuan khusus, hanya satu macam aplikasi saja.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai microctroller, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1253/1/20106975.pdf
    trimakasih :)

    BalasHapus